Thursday, October 27, 2005

Bagaimana cara penyimpanan susu UHT setelah dibuka??

alhamdulillah… bumi udah full uht sejak 2 bulan belakangan ini,.. walopun masih pake dot plus anget… yaah… lumayanlah ada kemajuan…

yang jadi masalah.. gimana cara penyimpanan setelah dibuka.. maklumlah.. bumi pake uht plain yang ukuran 250 ml. yaa.. ga sekali diminum.. paling2 150 ml.. nah.. sisanya gimana yaa?..

mamabumi trus kirim imel ke ultrajaya + tetrapak.. .. nah…. detailnya bisa diliat selanjutnya yaa..

Selamat Pagi Bapak/Ibu,

Saya yuli, mamanya bumi (21 bulan).alhamdulillah sudah hampir 2 bulan ini, bumi suka dan cocok dengan susu uht plain.sebelum ganti menjadi susu uht,.. sehari paling banyak 2 x @ 120 ml..setelah ganti susu ultra.. bisa 3-5 kali @ 120 ml..

biasanya bumi minum susu uht dengan cara dituangkan ke dalam botol dan dihangatkan sebentar.susu uht yang saya gunakan adalah yang ukuran 250 ml,jarak dari minum susu 1 ke dua rata-rata 2 – 4 jam.

yang ingin saya tanyakan:

1. bagaimana cara penyimpanan susu sisa yang seharusnya dilakukan, apabila tidak disimpan dalam kulkas?

2. selama ini, untuk susu sisa dari kemasan yang telah dibuka (sisa 130 ml), saya letakkan di luar kulkas. bagaimana dengan kandungan gizi? apakah bakteri telah mencemari susu tersebut? (kalo saya cicip dulu, tidak ada perubahan rasa/warna).

3. berapa lama susu uht yang telah dibuka bisa disimpan dalam ruangan tidak dimasukkan ke dalam kulkas).

4. apabila saya sedang bepergian, setelah susu uht dihangatkan (suhunya hangat2 kuku).. saya masukkan ke dalam termos,.. dan biasanya habis dalam waktu 3 – 6 jam. apakah kondisi susu tersebut masih bagus dan layak untuk diminum?

5 apakah ada rencana dari pihak ultrajaya/tetrapak untuk membuat kemasan 120 ml untuk susu uht plain? mengingat bahwa beberapa teman saya juga anaknya sekali minum susu uht rata 120 ml.

6. kadang2.. karena minum 5 x 120 ml, pada sore hari, susu uht sisa, tetap berada dalam kemasan 250 ml dan keesokan harinya baru diminum. bagaimana kualitas dari susu tersebut? apakah masih layak untuk diminum oleh bumi?..bagaimana kemungkinan bakteri yang tumbuh dalam susu tersebut? tanggapan dari bapak/ibu akan sangat kami nantikan.terima kasih.

-yuli-mamabumi

========

tanggapan dari TETRAPAK:(24.10.2005)

Selamat pagi Bu Yuli,

Senang mendengar putra ibu cocok dengan susu UHT !Mengenai pertanyaan2 ibu, mohon dilihat jawaban kami dibawah, semoga dapat membantu :

1. Sangat disarankan untuk menyimpan susu sisa didalam kulkas segera setelah kemasan dibuka.

2. Kandungan gizi, selama tidak ada pencemaran bakteri tidak akan berubah, namun, kita tidak bisa menjamin apakah susu sisa tersebut masih bebas bakteri setelah kemasannya dibuka.

3. Tidak ada waktu yang pasti berapa lama susu tersebut bisa bertahan dalam suhu ruangan, banyak faktor yang menentukan, tapi berdasarkan pengalaman saya pribadi, susu tersebut bisa bertahan 6 jam (saya pakai kemasan 1 liter… waktu itu saya lupa memasukkan sisa susu tersebut kedalam kulkas)

4. Selama tidak ada perubahan warna dan rasa, susu tersebut layak minum, karena itu sebelum susu dikonsumsi, cicipilah terlebih dahulu, untuk menjamin kualitas susu tersebut. Ini juga merupakan salah satu bukti bahwa susu yang kita berikan untuk anak kita adalah benar2 susu yang alami, bayangkan jika ada bahan pengawetnya … Pasti susu itu bisa tahan lama bukan ?

5. Saya sudah sampaikan usulan ibu langsung ke pemilik Ultrajaya ! Kita tunggu saja ya bu …

6. Seperti jawaban kami pada point no 1 dan 2 diatas. Semoga jawaban kami cukup jelas untuk ibu, jika ada pertanyaan lainnya,jangan sungkan2 untuk mengkomunikasikannya kepada kami.

Jika ada pertanyaan lanjutan dimasa mendatang, mohon pertanyaan2 tersebut disampaikan ke : Noer.Wellington@tetrapak.com karena beliau yang akan menangani Ultrajaya dimasa mendatang.

Terima kasih sekali lagi untuk tanggapan bu Yuli .

Best regards,

Ronny Hendrawan

=====

Tanggapan dari ULTRA JAYA (25.10.2005)

Kepada Yth,

Ibu Yuli

Di Tempat

Selamat Siang Ibu Yuli…Terimakasih atas kepercayaan Ibu terhadap Ultrajaya dan mau mengunjungi lagi Layanan Konsumen kami melalui E-mail ini.

Menanggapi pertanyaan Ibu, maka kami ingin menjelaskan:

1) Untuk susu yang belum habis, kami lebih meyarankan untuk tetap di simpan dikulkas, dikarenakan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet sehingga cukup rentan terhadap bakteri yang sangat cepat berkembang biak dalam susu tersebut. Tetapi apabila tidak memungkinkan untuk dimasukkan kedalam kulkas, sebaiknya susu disimpan dalam keadaan tertutup (rapat) dalam suhu normal tidak terlalu panas.dingin dan jangan terlalu lama didiamkan diluar.

2) Kualitas kandungan gizi pada susu yang telah dibuka dan didiamkan otomatis akan sedikit berbeda (berkurang) dibanding dengan kualitas gizi  pada saat susu pertama kali dibuka, dikarena sudah ada kontaminasi dari udara luar walaupun hanya sedikit. Proses bakteri merusak susu tidak terjadi begitu saja melalui proses terlebih dahulu (ada penguraian) hal ini terjadi dalam hitungan jam sampai akhirnya susu tersebut basi (rasanya jadi asam/pahit, teksturnya menggumpal, ataupun pecah)

3) Apabila memang harus disimpan dalam suhu ruang sebaiknya tidak melebihi dari beberapa jam, kurang lebih 5-7 jam, dan itu pun tergantung dari kondisi lingkungan atau ruangan itu sendiri dan susu sebaiknya dalam keadaan tertutup.

4) Sama seperti penjelasan No.3. Tapi jika ingin lebih memastikan Ibu dapat mencicipinya terlebih dahulu dan melihat teksturnya apabila tidak lagi sama dengan kualitas susu yang biasa Ibu minum sebaiknya jangan dikonsumsi lagi.

5) Untuk saat ini kami memang belum memproduksi susu UHT Full Cream dalam kemasan 125ml, tapi ini merupakan masukan yang baik untuk kami. Saran dari Ibu akan kami sampaikan ke Manajemen kami sebagai bahan pertimbangan.

6) Sama seperti penjelasan No.2. Tetapi dikarenakan susu disimpan dalam kulkas sehingga pertumbuhan bakteri dapat terhambat untuk sementara, maka kemungkinan susu akan rusak yaitu selama kurang lebih 3-5 hari. tetapi juga tergantung kondisi penyimpanan yang harus dingin (4C) dan kondisi kulkas yang harus baik dan juga tidak terlalu banyak makanan ataupun buah-buahan didalamnya, karena dikhawatirkan aroma dari makanan dan buah-buahan tersebut juga bisa merusak kualitas rasa/aroma dari susu tersebut. Sebagai saran dari kami, mungkin Ibu dapat mengkonsumsi susu dengan ukuran yang lebih kecil agar anak Ibu tetap mendapatkan kesegaran susu dan kualitas susu yang terbaik.

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat bagi Ibu. Terimakasih atas masukan Ibu terhadap PT. Ultrajaya.

Hormat Kami,

Sinta Dwipuspita

(Customer Serv.Officer-Public Affairs Dept.)

Posted by mamabumi in 01:43:26
Comments

Comments are closed.